Preaload Image

SELAYANG PANDANG

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin meningkat di era revolusi global. Sehingga kehidupan manusia di masa depan akan dihadapkan pada berbagai permasalahan yang makin canggih. Era globalisasi ditandai dengan adanya keterbukaan yang mengandung berbagai tantangan dan peluang menuntut sumber daya yang berkualitas, yaitu beriman, Bertakwa, cerdas dan profesional sehingga dapat bermanfaat dan bersaing di dalam pergaulan kehidupan bangsa di dunia. Dengan demikian mewujudkan sumber Daya Manusia berkualitas tersebut merupakan hal yang sangat urgen dan mendesak untuk memenuhi tuntutan globalisasi.

Kondisi di atas menuntut adanya suatu lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan untuk menghasilkan tenaga-tenaga yang berkualitas dan profesional di berbagai bidang dan sektor kehidupan. Melalui program pendidikan tersebut diharapkan dapat mempercepat pengadaan tenaga-tenaga yang mampu merumuskan pendekatan yang efektif dalam menyelesaikan permasalahan secara akademis. Hal ini sesuai dengan bunyi rumusan PP No. 60 tahun 1999 Pasal 2 Ayat 1 yang menegaskan bahwa Pendidikan Tinggi bertujuan menghasilkan sarjana yang memiliki kemampuan akademis dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan atau menciptakan, menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengupayakan pemanfaatan untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

Dalam konteks di atas, PP yang sama Pasal 28 Ayat 2 berbunyi bahwa dosen sebagai tenaga kependidikan pada Perguruan Tinggi harus berdasarkan pendidikan dan keahliannya. Dosen merupakan salah satu konfigurasi faktor Sumber Daya Manusia (SDM) dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berkualitas. Untuk memacu tingkat perkembangan yang lebih tinggi dan dapat memenuhi kebutuhan dari berbagai pihak terhadap pendidikan secara optimal, diperlukan pengembangan STAI DR. KHEZ Muttaqien Purwakarta secara kelembagaan dan diorientasikan untuk merespon sejumlah perubahan dan perkembangan masyarakat, salah satunya yaitu dikembangkan melalui pembukaan Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam.

Mengingat STAI DR. KHEZ. Muttaqien Purwakarta didirikan pada tanggal 12 Februari 1978. Dalam usianya yang sudah menginjak dewasa (38 tahun), STAI DR. KHEZ. Muttaqien Purwakarta sudah mengelola program kesarjanaan (jenjang strata satu) dan sampai saat ini sudah ada 6 (enam) program Studi yang terselenggara yakni Pendidikan Agama Islam, Ahwal Al syakhshiyah, Ekonomi Syariah, Pendidikan Bahasa Arab, Komunikasi dan Penyiaran Islam dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) . Program Studi S1 : Pendidikan Agama Islam adalah merupakan program studi tertua yang didirikan bersamaan dengan berdirinya STAI DR. KHEZ. Muttaqien Purwakarta yang semula bernama STIT DR. KHEZ. Muttaqien dan telah mendapat peringkat akreditasi Baik dengan nilai 206 dari BAN-PT berdasarkan akreditasi terakhir SK BAN-PT No. 270/SK/BAN-PT/Akred/PT/III/2021. Kemudian program studi S1 Ahwal Al- Syakhshiyah yang juga sudah terakreditasi C (SK BAN-PT No. 242/SK/BANPT/Ak/XVI/S/XI/2013) saat ini menunggu Proses AK untuk Re-Akreditasi, adapun program studi Sl Ekonomi Syariah telah terakreditasi dengan peringat C nilai sesuai SK BAN-PT No: 2127/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018 dan Pendidikan Bahasa Arab serta Komunikasi penyiaran Islam adalah merupakan program studi yang dibuka tahun 2015 (SK izin Operasional Dirjen Pendis Kemenag RI No. 361 Tahun 2015) yang keduanya sedang proses AK (Assesment Kecukupan), Kemudian pada tahun 2016 terbit  Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3812 tahun 2016 tentang izin operasional penyelenggarakan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dan baru saja terakreditasi namun belum terbit nilai dan SK dari BAN-PT.

Dengan usia yang sudah dewasa dan pengalaman yang sangat memadai dalam mengelola program studi didukung oleh sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan keahlian yang semakin berkembang, sumber daya sarana dan prasarana yang sangat mendukung, letak geografis yang strategis dan potensi calon mahasiswa yang besar, serta tuntutan kebutuhan untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju dan pesat serta kebutuhan masyarakat Purwakarta, STAI DR KH. EZ Muttaqien menyelenggarakan Program Studi S2 Pendidikan Agama Islam yang didorong oleh berbagai alasan, antara lain, tingginya animo masyarakat terutama para lulusan S1 PAI STAI DR.KH.EZ. Muttaqien Purwakarta dan kebutuhan masyarakat Purwakarta untuk melanjutkan jenjang S2 karena tren dan kebutuhan lulusan S2 cukup tinggi diminati oleh masyarakat, dan memilih S2 Pendidikan Agama Islam sebagai bidang keahlian mereka. Oleh karenanya kehadiran Program Magister S2 Pendidikan Agama Islam ini dapat menampung dan menjawab berbagai animo para lulusan sarjana yang memiliki keinginan untuk masuk ke jurusan pendidikan dan keguruan serta menjadikan alternatif pilihan profesi sebagai peneliti dan konselor pendidikan Islam. Selain itu, rata-rata calon mahasiswa Program magister ini sudah memiliki profesi sebagai tenaga pendidik atau pengelola Lembaga Pendidikan di berbagai tingkatan Pendidikan formal maupun non formal sehingga  yang tertarik untuk mendalami ilmu pendidikan dan menjadi motivasi kepada STAI DR. KH. EZ Muttaqien Purwakarta menyelenggarakan Program Studi ini. Setelah melalui proses diskusi dan kajian yang mendalam, akhirnya Program Magister S2 Pendidikan Agama Islam STAI DR. KH. EZ Muttaqien dibuka pada tahun 2017 dengan dasar terbitnya SK Izin Operasional Dirjen Pendis Kemenag RI No.113 tahun 2017.

Penyelenggaraan Program Magister S2 Pendidikan Agama Islam Pasca Sarjana STAI DR. KH.EZ. Muttaqien Purwakarta dapat mempercepat pengadaan tenaga-tenaga ahli yang dibutuhkan oleh lembaga-lembaga pendidikan umum dan keagamaan baik formal maupun nonformal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah khususnya Provinsi Jawa Barat. Pengadaan tenaga-tenaga ahli dan profesional tersebut dapat meningkatkan kualitas pembangunan di daerah Jawa Barat sehingga dapat bersaing dengan wilayah lain yang pada gilirannya akan mendorong terbentuknya masyarakat yang mampu mengembangkan pembangunan daerah.

Sekolah Tinggi Agama Islam DR. KH. EZ. Muttaqien membuka program Studi Magister Pendidikan Agama Islam dimaksudkan untuk turut memenuhi kebutuhan daerah dan pembangunan nasional, menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, beriman, bertakwa, bermoral, cerdas, terampil, profesional, dan berdaya saing tinggi dalam bidang sains. Oleh karena itu, tenaga kerja yang menguasai bidang Pendidikan Agama Islam dibutuhkan dalam rangka memenuhi lapangan kerja di berbagai sektor pendidikan. Dalam konteks pendidikan, prediksi kebutuhan sumber daya manusia yang kompeten khususnya di daerah Purwakarta antara lain dapat dilihat dari jumlah kebutuhan tenaga guru yang diperlukan oleh lembaga-lembaga pendidikan dari jenjang/ tingkat pendidikan.

Pembukaan Program Magister S2 Pendidikan Agama Islam di STAI DR.KHEZ Muttaqien Purwakarta ini diharapkan dapat berkontribusi sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif. Penentuan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi S2 Pendidikan Agama Islam STAI DR. KHEZ. Muttaqien dikaji dari berbagai masukkan yang melibatkan sejumlah pihak seperti pimpinan STAI DR. KHEZ. Muttaqien, program studi, alumni, pengguna lulusan, dan para pakar pendidikan serta stakeholder yang kompeten dan relevan.